no-style

Kurangi Banjir 66% Bekasi dan Karawang, Pembangunan Bendungan Cibeet dan Cijurey di Bogor dimulai Agustus 2022 di Targetkan Selesai 2025

, 12/24/2022 WIB Last Updated 2024-01-12T07:27:22Z

 


Bogor - Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWSC) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan Bendungan Cibeet dan Cijurey di Kabupaten Bogor, Jawa Barat dapat dimulai Agustus 2022.


"Pembangunan Bendungan Cibeet dan Cijurey bisa mereduksi banjir hingga 59,33 persen di wilayah itu, Harapan kami April atau Mei sudah mulai lelang dan Agustus bisa dimulai pekerjaannya," ungkap Kepala BBWSC Kementerian PUPR, Bastari usai ekspose pembangunan dua Bendungan bersama Bupati Bogor Ade Yasin di Sekretariat Daerah (Setda), Cibinong, Bogor.


Menurut Bastari, saat ini tahapan yang sedang dilakukan oleh BBWSC yaitu melakukan peninjauan atau mengkaji ulang disain Bendungan Cijurey dan finalisasi sertifikasi desain Bendungan Cibeet. 


Beberapa bendungan yang akan dibangun antara lain bandungan retensi di pertemuan antara sungai Cikeas dan Cileungsi, bendungan Cibeet dan satu lagi adalah bendungan Cijuray di daerah hilir Citarum.


Bendungan Cibeet akan dibangun dengan lahan seluas 1.700,26 hektare di delapan desa yang ada di dua kecamatan, yaitu Tanjungsari dan Cariu.


Bendungan tersebut diyakini dapat mereduksi banjir hingga 66 persen di wilayah Karawang dan Bekasi, serta memberi manfaat saluran irigasi.



Sementara pembangunan Bendungan Cijurey merupakan permintaan langsung dari warga Kabupaten Bogor untuk mengairi lahan persawahan yang kering saat kemarau.


Dua Bendungan tersebut direncanakan rampung pada tahun 2025.


"Ya harus diakui bahwa banyak masyarakat tidak mendukung sehingga proses pembebasan lahan jadi sedikit terhambat, kami Pemkab Bogor juga diminta untuk pembebasan lahan itu," kata Bupati Bogor Ade Yasin.


Ia meminta BBWSC agar terus berkoordinasi dengan Pemkab Bogor, untuk bersama-sama mencari solusi jika ada kendala terkait pembebasan lahan.


"Saya juga minta SKPD untuk tidak menerbitkan perizinan apapun di lahan-lahan yang akan dibangun Bendungan tersebut," tutup Bupati Bogor Ade Yasin


(Red)

Komentar

Tampilkan

  • Kurangi Banjir 66% Bekasi dan Karawang, Pembangunan Bendungan Cibeet dan Cijurey di Bogor dimulai Agustus 2022 di Targetkan Selesai 2025
  • 0

Kabupaten