no-style

Maraknya Proyek Siluman di Kota Bekasi

, 12/01/2023 WIB Last Updated 2024-01-12T07:25:35Z



Kota Bekasi - Maraknya Proyek Siluman di Dinas Bina Marga Dan Sumber Daya Air Kota Bekasi, seperti halnya Pekerjaan Sheetpile Jalan Alinda dan Lanjutan Pelebaran Jalan Pangkalan 2 Tahap 3 Sumur Batu (SILPA BKK DKI Jakarta TA 2022). diduga kuat biaya proyek tersebut menelan anggaran Puluhan Milyar. 


Diduga kuat Pengawas dan konsultan pengawas tutup mata. berdasarkan informasi dari salah satu pekerja ketika ditanya papan proyek, belum dikasih dari dinas pak (tandasnya). 


Kami juga telah mengkonfimasi: Solihin selaku kadis Idi selaku sekretaris, serta Anjar selalu kabid Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota, Bekasi melalui WhatsApp namun tidak menjawab. 


Kami menduga Proyek Tersebut dikendalikan Satu perusahaan (satu Kontraktor). kami sudah melakukan Investigasi dan observasi dilapangan namun sampai hari ini tidak pernah bertemu dengan Konsultan, Pelaksana Teknis maupun konsultan pengawas. 


Seharusnya pelaksana teknis dan konsultan pengawas harus melakukan teguran kepada pihak kontraktor agar segera menempelkan papan BBM proyek. 


Pelaksanaan pekerjaan tersebut sudah berlangsung satu bulan namun tidak dilengkapi papan proyek. 


Tentu hal ini sangat menjadi pertanyaan bagi masyarakat di Kota Bekasi.


Akibat kurang pengawasan dari pihak-pihak dinas sehingga pekerjaan yang di lapangan sering terjadi indikasi pengurangan volume serta menghilangkan sebagian item yang telah tercantum di dalam rancangan anggaran biaya(RAB) dan tidak sesuai spek. 


Seperti contoh kecil nya tidak adanya papan nama, K3, rambu2 di lapangan, keselamatan kerja yang telah tercantum serta ada anggaran yang telah tertuang di RAB.


Kami berharap banyak keseriusan pengawasan dan pengontrolan dari pihak dinas instansi terkait, sehingga pekerjaan tersebut bisa tercipta yang sebenar-benarnya sesuai dari rancangan anggaran biaya tersebut. 


Kami juga sangat-sangat berharap terjun nya langsung pengawasan dari pihak Bpk Pj Walikota Bekasi dan timnya selalu meninjau kinerja pengerjaan setiap pembangunan dari hal yang terkecil hingga proyek pengerjaan terbesar yang di ada kota Bekasi ini. 


Sehingga kinerja pengerjaan pembangunan yang di kota Bekasi bisa terlaksana dengan sebaik-baiknya dan tidak sembarangan asal jadi harus sesuai dengan spek yang tertuang di dalam rancangan anggaran biaya pekerjaan tersebut.


Proyek Siluman itu terletak di rawa silem rt006 /rw 012 kelurahan kali abang tengah kecamatan Bekasi Utara -Kota Bekasi.


(Arnold)

Komentar

Tampilkan

  • Maraknya Proyek Siluman di Kota Bekasi
  • 0

Kabupaten