no-style

Solidaritas Kebangsaan RI menggelar Deklarasi Pemilu Damai 2024 yang di hadiri Tokoh Pemuka Agama Sumatera Utara

, 2/08/2024 WIB Last Updated 2024-02-08T16:37:16Z


Medan , www.viralmedan.com - Bertempat di Hotel Pardede Internasional jln Ir.H.Juanda Medan, Rabu, ( 7/2/2024) pukul 14.00 wib siang di gelar Deklarasi Pemilu Damai 2024 dan Do'a lintas agama  yang mendatangkan tokoh pemuka Agama Sumatera Utara.


Di awal kegiatan acara di mulai dengan menyanyikan lagu " Indonesia Raya dan lagu " Bagimu Negeri " di lanjutkan Do'a pembukaan oleh Ustadz Khalid Walid AK dari Agama Islam.


Kegiatan di lanjutkan dengan kata sambutan dari  Menko  PMK RI yang di wakili oleh Assisten Deputi Moderasi beragama  Kemenko PMK RI, Thomas Ardian Siregar secara Zoom, ia menyampaikan pesan, mari kita wujudkan Pemilu tahun 2024 ini dengan aman, tertib dan damai.

Untuk mewujudkan Pemilu yang aman ,tertib dan damai kita perlu kedamaian.

Mari kita berdialog antar ummat beragama, kolaborasi antar ummat beragama, mari kita bekerja sama semoga Pemilu 2024 ini akan membawa berkah dan kedamaian buat kita, "  ucapnya.


Ketua Panitia Acara yang juga Ketua Umum Solidaritas Kebangsaan R.I, Dody Lukas, S,Th M,M menyampaikan kata sambutannya, kerukunan ummat beragama ini sangatlah penting, sebagai mana Tema kita," Mewujudkan Pemilu 2024 dengan Aman, Tertib, damai , sejuk dan Bermartabat menuju Indonesia Emas tahun 2045 ".

Marilah kita sukseskan Pemilu 2024 , datangi TPS masing masing pilih pilihan sesuai hati nurani, " ujar Dody Lukas S.Th M.M.M.


Wali Kota Medan yang di wakili, Kaban Kesbang Kota Medan, Andy Mario Siregar, AP, S.Sos mengatakan, mari kita menjaga netralitas, mari kita jalin Persaudaraan, agar Pemilu ini bisa berjalan Damai, " tuturnya singkat.


Kapolda Sumatera Utara yang di wakili Direktur Bimbingan Masyarakat Polda Sumut, Kombes Pol, Muhammad Muslim Siregar dalam arahannya mengarahkan, mari kita jalani Pemilu 2024 dengan aman, tertib dan damai, sejuk dan bermartabat. Perbedaan itu cukup hanya di bilik suara selanjutnya kita tetap bersaudara, " pungkasnya.


Pangdam I Bukit Barisan yang di wakili, Pamen Ahli Hukum dan Humaniter, Kolonel Inf. Takkas Gultom, S.Sos, M.Si, ( Han ) mengatakan, peran aktif dari semua tokoh lintas agama sangat penting dalam mewujudkan Pemilu 2024 yang aman tertib, sejuk, bermartabat, mari kita ciptakan iklim yang kondusif, ungkapnya.


Amatan wartawan sekitar pukul 16 .00 wib istirahat sejenak, sekitar pukul 16.15 wib acara dilanjutkan dengan pesan pesan moral oleh Tokoh tokoh pemuka agama.


Ustadz Khalid Walid AK menyampaikan, setiap orang muslim harus memilih, tidak boleh golput, saya menghimbau untuk meningkatkan Do'a.

Mari kita mengedepankan kedamaian, turut aktif dalam suasana damai di masyarakat. Aman harus di laksanakan dengan iktikad baik.

Sebagaimana yang tertulis dalam Firman Allah, Surat Annisa ayat 60 yang artinya, taat kepada Allah, taat kepada Rasul Allah, taat kepada Uli Amri ( Pemimpin ) kita. Islam itu indah dan damai, mari kita ciptakan Pemilu yang Damai.

Dalam Surat Ali Imran ada dijelaskan, janganlah kita bercerai berai", jelas Ustad Khalid Walid AK.


Pendeta Arfan Padang menyalakan pesan, berbahagialah orang yang membawa damai, maka kemanapun kita pergi akan aman, mari kita taat pada kebenaran," ucapnya.


Pastor Yosafat Ivo Sinaga menerangkan, Kita berharap pesta Demokrasi pada Pemilu 2024, bisa berjalan dengan tertib dan berjalan dengan baik," ucapnya singkat.


Pendeta RP.Kok Hong mengatakan, mari kita berdana suara menurut hati nurani kita, penuh keyakinan dengan pilihan kita.


Landasi dengan tiga hal, 


1. Bahagia sebelum memberi.


2. Bahagia saat sedang memberi.


3. Bahagia setelah memberi. Satu suara kita akan menentukan nasif Bangsa kita, " pungkas nya.


Xs. Djohan Adjuan mengatakan, mari kita melaksanakan Pemilu ini dengan aman, damai" tuturnya.


Pendeta M.Chandera Bose juga mengatakan hal yang sama, mari kita melaksanakan Pemilu tahun ini dengan, mewujudkan Pemilu yang aman, tertib, damai, sejuk dan bermartabat semoga bisa menuju Indonesia Emas 2045, sebagaimana Tema acara kita hari ini," ucapnya.


Pukul, 16.45 wib acara di akhiri dengan do'a masing masing Tokoh Agama yang hadir di lanjutkan dengan sesi foto bersama, Forkopimda Sumut, Tokoh Pemuka Agama Sumut, dan ramah tamah.


Tampak yang hadir dalam kegiatan Deklarasi Pemilu Damai 2024 Lintas Agama,


- Dody Lukas S,Th, M.M, Ketua Umum Solidaritas Kebangsaan RI sekaligus, Keynote Speaker acara.


- Menko PMK R.I yang di wakili, Asdep Moderasi beragama, Thomas Siregar , melalui Zoom.


- PJ Gubsu di wakili, Kaban Kesbang Pemprovsu, Ir.Arfan Noor, M.M.


- Kapolda Sumut di wakili, Dir.Bimas Polda Sumut, Kombes Pol, Muslim Siregar.


- Pangdam I Bukit Barisan di wakili, Pamen Ahli Hukum dan Humaniter, Kolonel Inf. Takkas Gultom, S.Sos, M.Si, ( Han ).


- Wali kota Medan di wakili, Kaban Kesbang Medan, Andy  Mario, AP, S.Sos .


- Kasat Tahti Polrestabes medan, Iptu Pol, Bulat Panjaitan, S.H, M.H .


Reporter  : Darmayani

Komentar

Tampilkan

  • Solidaritas Kebangsaan RI menggelar Deklarasi Pemilu Damai 2024 yang di hadiri Tokoh Pemuka Agama Sumatera Utara
  • 0

Kabupaten